Fakta Keselamatan Kebakaran Penting untuk Pencegahan

Fakta Keselamatan Kebakaran Penting untuk PencegahanKebakaran hutan menimbulkan ancaman besar bagi ekosistem dan rumah kita. Seluruh Amerika Serikat bagian barat berisiko tinggi mengalami kebakaran. Bahkan Florida, Minnesota, dan Wisconsin pernah mengalami beberapa kebakaran besar. Tidak heran jika Amerika Serikat memiliki anggaran pengelolaan kebakaran keseluruhan sebesar $2,25 miliar . Meskipun meningkatkan anggaran nasional kita sebesar 60% dari 10 tahun lalu, sepertinya tidak akan cukup.

Fakta Keselamatan Kebakaran Penting untuk Pencegahan

nationalfiretraining – Pada tahun 2018, dan hanya di pertengahan tahun fiskal, Negara Bagian CA menghabiskan hampir $500 juta. Itu tidak termasuk biaya masing-masing kota dan departemen, hanya negara bagian. Pada tahun 2017, terdapat klaim asuransi sebesar $11,5 miliar di CA.

Meningkatnya suhu dan meningkatnya kekeringan menyebabkan beberapa hutan terbesar kita menjadi kering dan rentan terhadap kebakaran hutan.

Kita semua berkewajiban untuk melakukan yang terbaik untuk mencegah kebakaran hutan menghancurkan rumah dan komunitas kita dengan cara apa pun yang kita bisa. Selain mempelajari cara mencegah kebakaran hutan, memiliki pengetahuan untuk bertahan dari kebakaran hutan sangat berharga jika Anda berada dalam situasi yang mengerikan.

Baca Juga : Kiat dan Sumber Daya Pencegahan Kebakaran Hutan 2022

Penyebab Kebakaran Hutan

Ada dua jenis penyebab kebakaran hutan, manusia dan alam. Kebakaran hutan alam biasanya merupakan hasil dari petir dengan persentase yang jauh lebih kecil disebabkan oleh pembakaran spontan. Yang terakhir dari keduanya biasanya disebabkan oleh iklim yang sangat kering.

Ketika daun, cabang, dan dedaunan mati berkumpul dan menjadi sangat kering, panas dan sinar matahari dapat menyebabkan kelompok ini terbakar.

Penyebab kebakaran yang paling umum adalah tindakan manusia.

Mungkin ada sejumlah alasan mengapa hutan terbakar akibat ulah manusia. Berikut beberapa di antaranya:

  • Rokok
  • Api unggun
  • Peralatan perkayuan (mesin, perkakas, & mesin pembakaran dalam pada umumnya yaitu sepeda motor, las)
  • Kembang api
  • Luka bakar terkendali
  • Pembakaran (peningkatan penyebab kebakaran hutan)
  • Saluran listrik turun atau melengkung
  • Kecerobohan umum

Meskipun kebakaran hutan yang disebabkan oleh kesalahan manusia lebih umum terjadi, kebakaran cenderung menghancurkan area yang lebih kecil karena lebih mudah dideteksi dan dihentikan begitu dimulai. Ini karena kebakaran yang disebabkan oleh manusia terjadi lebih dekat ke daerah berpenduduk dan dilaporkan lebih cepat daripada kebakaran hutan yang disebabkan oleh petir atau pembakaran. Meskipun kemungkinan kebakaran buatan manusia dilaporkan lebih awal lebih tinggi, hal ini tidak selalu terjadi. Ada beberapa insiden kebakaran kamp, ‚Äč‚Äčkabel listrik, dan kendaraan baru-baru ini yang menyebabkan kebakaran di daerah terpencil.

Ketika sambaran petir atau pembakaran terjadi jauh di tengah hutan, dibutuhkan waktu berjam-jam sebelum seseorang mendeteksinya, dan bahkan lebih lama lagi untuk mengirimkan peralatan dan tenaga untuk menghentikan api.

Bahaya kebakaran

Ada tiga elemen penting yang diperlukan untuk menciptakan dan mempertahankan kebakaran hutan. Ketiga unsur tersebut adalah bahan bakar, oksigen, dan panas.

Bahaya kebakaran adalah segala sesuatu yang berkontribusi atau menciptakan salah satu dari tiga elemen ini. Berikut ini adalah semua contoh umum dari bahaya kebakaran hutan yang umum:

  • Gelombang panas
  • Kekeringan
  • Pegunungan bertekanan tinggi
  • Angin kencang
  • Badai petir
  • Kelembaban rendah
  • Beban bahan bakar tinggi

Sayangnya, bahaya kebakaran alami seperti ini berada di luar kendali kita. Sementara manusia memang berkontribusi terhadap kenaikan suhu dan kekeringan, kejadian ini tidak bisa dihindari. Perubahan iklim bersifat siklus, dengan pasang surut, namun, kita dapat membuat dampak positif dengan mengurangi jejak karbon kita.

Keselamatan Api Unggun

Keamanan api unggun sangat penting saat mencegah kebakaran hutan; sangat kritis sehingga membuat lima aturan pencegahan kebakaran Smokey Bear .

Sementara api unggun sangat menyenangkan, mereka juga datang dengan tanggung jawab yang serius. Ada empat hal yang perlu Anda ingat saat menyiapkan api unggun:

  • Lokasi: Pastikan lokasi api unggun Anda setidaknya berjarak 15 kaki dari tenda, dinding, atau tumbuh-tumbuhan yang mudah terbakar. Jangan pernah membuat api unggun dalam kondisi kering dan berbahaya.
  • Persiapan: bersihkan area yang Anda rencanakan untuk menggali lubang dengan diameter 10 kaki. Pastikan lubang Anda setidaknya sedalam satu kaki dan Anda mengelilingi tepinya dengan batu untuk menangkap percikan api.
  • Bangun api Anda: Kumpulkan sumber bahan bakar etis dan ekologis seperti kayu dan semak untuk mengisi lubang api Anda dan menyalakannya dengan korek api atau korek api.
  • Cara memelihara dan memadamkan api Anda: Gunakan potongan kayu yang lebih besar untuk menjaga api Anda tetap menyala dan jangan pernah membiarkannya mencapai ukuran yang tidak dapat diatur. Tuangkan air dan tutupi api Anda dengan tanah agar arangnya benar-benar padam.

Mencegah Kebakaran Hutan

Mempelajari cara mencegah kebakaran hutan jauh lebih mudah daripada yang Anda kira, dan dapat memberikan dampak yang signifikan.

Berikut adalah beberapa tip pencegahan kebakaran yang paling penting:

  • Bangun dan pantau kebakaran yang bertanggung jawab: Beberapa negara bagian mengizinkan pembakaran semak dan bahan alami lainnya; jangan pernah membakar bahan bakar yang tidak disetujui. Saat membuat api unggun, sangat penting bagi Anda untuk terus memantau api dan mengambil semua tindakan pencegahan. Saat Anda selesai menggunakan api unggun, pastikan sudah benar-benar padam sebelum berangkat.
  • Jangan pernah terbakar dalam kondisi berangin.
  • Laporkan sesuatu yang mencurigakan kepada pihak berwenang: Jika Anda menduga bahwa kebakaran telah dimulai di dekat Anda, jangan ragu untuk menghubungi 911.
  • Buang limbah yang mudah terbakar/berbahaya secara bertanggung jawab: rokok yang menyala dan bahkan korek api dapat menjadi racun bagi lingkungan atau menimbulkan potensi ancaman kebakaran. Ketika datang untuk memahami bagaimana mencegah kebakaran hutan, sangat penting untuk mempraktikkan praktik pembuangan yang aman. Jangan pernah membuang sebatang rokok dari mobil yang sedang berjalan; semak kering di pinggir jalan mudah terbakar.
  • Ikuti undang-undang negara bagian dan peraturan kota tentang pembuangan luka bakar di halaman belakang. Singkirkan bahan yang berpotensi berbahaya dari area sekitar luka bakar Anda sebelum Anda memulai dan atur parameter yang tidak mudah terbakar dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan api unggun.