Langkah - Langkah Pencegahan Kebakaran Hutan

Langkah – Langkah Pencegahan Kebakaran Hutan

Langkah – Langkah Pencegahan Kebakaran Hutan – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi kata ‘Kebakaran’ adalah peristiwa terbakarnya sesuatu (rumah, hutan, dan sebagainya). Kebakaran juga didefinisikan sebagai reaksi oksidasi eksotermis dari suatu bahan bakar yang diiringi dengan timbulnya nyala api. Biasanya reaksi ini bekerja dengan cepat.

Di kamus yang sama, hutan memiliki beberapa definisi di antaranya adalah tanah luas yang ditumbuhi pohon – pohon (biasanya tidak dipelihara orang). Di hutan tumbuh banyak pepohonan yang menyejukkan. Keberadaan pepohonan ini dapat menyumbang oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup di bumi. Selain itu, pepohonan juga menjadi salah satu penangkal berbagai bencana, misalnya banjir dan tanah longsor. Lantas bagaimana jika hutan terbakar atau dibakar secara sengaja? Bukankah kerugian akan sangat terasa? Terlebih bagi manusia yang kadang dengan tidak tahu malunya justru menjadi penyebab kebakaran hutan itu sendiri.

Manusia dengan segala sifat tamaknya tidak hanya akan merugikan dirinya sendiri. Flora dan Fauna yang tak berdosa juga akan merasakan jahatnya manusia yang berani membakar hutan tempat mereka tinggal. Berikut adalah beberapa dampak kebakaran hutan yang umumnya menimpa flora dan fauna di dalamnya:

1. Banyak hewan kehilangan tempat tinggalnya
Hutan merupakan salah satu tempat yang menjadi tempat tinggal banyak sekali jenis hewan. Kebakaran hutan yang terjadi tentu akan merusak rumah bagi para hewan yang tinggal di dalamnya. Contohnya adalah orang utan yang umumnya tinggal di hutan dan suka bergelantungan di pepohonan. Saat kebakaran hutan terjadi, pohon – pohon akan terbakar dan tidak utuh lagi. Alhasil, rumah dan tempat favorit mereka pun akan hilang dengan begitu saja.

2. Matinya berbagai jenis flora dan fauna
Beberapa jenis hutan biasanya memiliki keanekaragaman jenis flora dan fauna yang bervariasi. Bahkan beberapa hutan tertentu merupakan tempat tinggal bagi tumbuhan maupun hewan yang sudah hampir punah. Insiden kebakaran hutan tentu akan menjadi bencana pula bagi flora dan fauna yang menghuni di dalamnya. Hal ini dapat menimbulkan kematian bagi mereka.

Langkah – langkah pencegahan kebakaran hutan
Setelah mengetahui bahaya dampak – dampak buruk dari terjadinya kebakaran hutan, manusia sebagai satu – satunya makhluk berakal perlu melakukan berbagai cara untuk mencegah kejadian yang sama terulang kembali. Beberapa langkah yang dapat diambil adalah:

1. Tidak sembarangan membakar sampah atau semacamnya
2. Melakukan penyuluhan
3. Larang perokok membuang puntung rokok sembarangan
4. Laporkan segera jika menyaksikan kebakaran hutan.

Langkah – langkah di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya langkah yang dapat diambil untuk melakukan pencegahan terhadap bencana kebakaran hutan. Mulailah semuanya dari diri sendiri. Lambat laun tularkanlah kebiasaan baik yang dapat mencegah bencana ini ke pada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!